Utusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi Peserta Terbaik Workshop Blended Learning LP2MP

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) melaksanakan Workshop Blended Learning Penggunaan Platform Open EDx bertempat di Ballroom Menara Pinisi Lantai 2 UNM. Kegiatan workshop ini terlaksana atas kerjasama LP2MP melalui Pusat Pengembangan Kurikulum, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, dan Evaluasi dengan ICE Institute (Indonesia Cyber Education Institute).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan e-learning menjadi sebuah keharusan bagi seorang pendidik sehingga mampu berjalan seiring perkembangan teknologi terutama penggunaan media pembelajaran.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, Jumat-Sabtu 22-23 Juli 2022, dengan jumlah peserta sekitar 90 orang. Peserta workshop berasal dari utusan 8 fakultas, pascasarjana dan tim Syam-Ok UNM. Fakultas ekonomi mengutus tiga dosen yaitu Nurdiana, SP., M.Si (Pendidikan Ekonomi), Nurafni Oktaviyah, S.E., M.Ak (Akuntansi), dan Dr. Valentino Aris, S.Kom., M.M (Bisnis Digital)

Kegiatan hari pertama dimulai dengan pengenalan Platform Open Edx dan penggunaan Edx studio. Open edX adalah sebuah platform MOOC (Massive Open Online Course) yang open-source. Platform ini telah umum digunakan oleh perguruan tinggi diseluruh dunia untuk pembelajaran online. Hari kedua dilanjutkan dengan progress check terbimbing dan unjuk kerja. Pembelajaran selama dua hari dibimbing oleh narasumber dan fasilitator dari ICE Institute.

Pada sesi unjuk kerja perwakilan peserta diminta untuk menampilkan kelas yang telah dibuat pada Edx studio. Dr. Valentino Aris, S.Kom., M.M sebagai perwakilan dari Fakultas Ekonomi menjadi peserta terbaik dalam unjuk kerja tersebut. Sebagai peserta terbaik beliau berpesan bahwa di era digital saat ini dosen dituntut untuk terus mengembangkan media pembelajaran salah satunya ada pembelajaran online. Pembelajaran online penting karena dosen tidak hanya terbatas  mencerdaskan mahasiswa di lingkungan kampus tetapi juga di seluruh Indonesia. Beliau kemudian menambahkan workshop ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru tentang penggunaan EdX Studio dalam membuat pembelajaran online.

Kegiatan workshop ditutup oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si sebagai Kepala Pusat Pelayanan Pengembangan Kurikulum, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, dan Evaluasi. Beliau berpesan dan memberikan dukungan bagi dosen UNM untuk terus berkarya dan berkolaborasi dalam pengembangan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengembangan media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan blended learning akan terus digalakkan dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak.(ao)